OVO
PT VISIONET INTERNASIONAL
Disusun guna
melengkapi tugas Mata Kuliah : Fintech dan Digital Banking
Disusun oleh
: Vita Nurmalasari (2205036144)
PROFILE PERUSAHAAN
OVO sebagai platform digital pembayaran dan
layanan keuangan terdepan di Indonesia berupaya meningkatkan akses masyarakat
terhadap layanan keuangan melalui produk dan layanan yang nyaman, aman dan
terjangkau.
Nomor dan tanggal Surat Penetapan Izin:
1 Juli 2021 nomor surat: No.23 / 593 /
DKSP/Srt/B
Sejarah
Perusahaan
OVO merupakan perusahaan digital payment
milik grup perusahaan Lippo yang didirikan pada
September 2017. Namun, setelah itu OVO mampu berdiri secara mandiri dibawah
naungan PT Visionet Internasional. Aplikasi ini mencoba mendukung berbagai kebutuhan terkait dengan
cashless dan mobile payment. Aplikasi OVO saat ini tersedia untuk platform
Android dan iOS. OVO merupakan platform
pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka di Indonesia.
Kini, OVO telah hadir di 115 juta perangkat dan bisa digunakan untuk mengakses
pembayaran, transfer, top up dan tarik dana, serta manajemen aset dan
investasi. OVO diterima di lebih dari 354 kota di Indonesia dan berkomitmen
untuk membangun perusahaan pembayaran dan teknologi finansial terbesar di
Indonesia. Perusahaan ini sendiri telah bekerja sama dengan banyak perusahaan
lainnya seperti Tokopedia, Grab, Taralite, Prudential, dan lain-lain.
Pembayaran melalui OVO juga telah diterima di lebih dari 500,000 merchant yang
tersebar di seluruh Indonesia. Pada bulan Oktober 2019, OVO berhasil memperoleh
gelar sebagai Unicorn ke-5 Indonesia.
Platform
ini memiliki beragam fitur atau keunggulan, yaitu:
a.
Poin:
Salah satu fitur utama dari OVO adalah pengguna dapat mengumpulkan poin dari
setiap belanja yang dilakukan di merchant rekanan OVO. Poin ini merupakan
bentuk loyalty rewards.
b.
Fitur
promo: OVO memberikan berbagai
penawaran menarik bagi penggunanya seperti diskon dan cashback. Promo ini dapat
langsung dilihat di fitur promo yang ada pada aplikasi.
c.
Merchant: OVO memberikan kemudahan dalam bertransaksi serta
pembayaran untuk segala kebutuhan di merchant-merchant yang telah tersebar di
berbagai wilayah Indonesia.
d.
Pembayaran lebih cepat: Sama seperti media
pembayaran cashless lainnya, OVO juga menawarkan pembayaran yang lebih cepat
dan aman dibanding menggunakan uang tunai.
e.
Fitur
untuk mengatur keuangan: pengguna dapat mengelola dan mengontrol pengeluaran mereka menggunakan aplikasi
OVO.
f.
Transaksi
untuk beragam kebutuhan: Tidak hanya pembayaran di merchant OVO saja, namun
pengguna juga bisa melakukan transaksi untuk BPJS, PLN, pulsa, paket data, TV
kabel, asuransi, dan iuran lingkungan.
Visi dan
Misi Perusahaan
Sebagai perusahaan penyedia layanan keuangan
di Indonesia, OVO atau PT Visionet Internasional memiliki visi untuk “Mendorong
percepatan akses dan inklusi keuangan yang merata, dengan menghadirkan layanan
yang bermanfaat bagi pengguna serta pemilik usaha. Serta
menjadi platform pembayaran digital yang menjawab kebutuhan pengguna di mana
saja dan kapan saja. Misi yang dicoba untuk diwujudkan adalah:
1)
Memberikan
layanan finansial yang berkualitas dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
2)
Mendukung pemerataan ekonomi secara digital
dan meningkatkan inklusi keuangan.
3)
Mendukung
pemerintah dalam Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) agar lebih cepat terwujud.
Struktur
Organisasi
OVO memiliki beberapa department besar yang
dibawahi oleh CEO dan jajaran Direktur. Adapun department tersebut beserta
tanggung jawabnya dapat dirincikan sebagai berikut:
1)
Marketing:
Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pemasaran, kampanye, dan citra
perusahaan.
2)
Data Engineer: Manajemen data, serta
memelihara/memonitor infrastruktur data di perusahaan.
3)
Finance:
Mengurus seluruh keuangan perusahaan, pembayaran, dan finansial pengguna
aplikasi.
4)
Services:
Mengurus layanan aplikasi, termasuk kebijakan dan sistemnya.
5)
Legal:
Berhubungan dengan regulator atau pihak ketiga dan menangani seluruh perjanjian
yang ada.
6)
Operations:
Bertanggung jawab atas seluruh operasional perusahaan, baik untuk pengguna
maupun rekan OVO.
7)
People
Experience: Merekrut karyawan dan bertanggung jawab atas relasi antar karyawan.
8)
Sales:
Bertanggung jawab untuk meningkatkan transaksi di aplikasi dan memperluas rekan
yang menggunakan OVO.
9)
Technology:
Mengembangkan dan memelihara kualitas aplikasi.
10) Public Affair: Bertanggung jawab untuk hal-hal
seperti Undang-Undang, kebijakan, administrasi publik, dan kebutuhan
perusahaan.
Adapun
peran-peran Public Relations OVO sendiri ialah pada umumnya menjalin relasi
yang baik dengan media dan stakeholders, membantu setiap event yang
dilakukan/dihadiri oleh OVO, dan menyusun strategi untuk menjaga citra
perusahaan.
Peran-peran tersebut dapat dijabarkan secara
rinci dalam jobdesk PR OVO sendiri yang juga dilakukan selama kerja magang
yaitu sebagai berikut:
1)
Melakukan
media monitoring dan merekap seluruh artikel terkait.
2)
Menjalin
relasi dengan media-media melalui media visit atau mengirimkan hadiah.
3)
Membuat
briefing doc untuk setiap pembicara yang mewakili OVO untuk memberikan speech
di berbagai kegiatan seperti event, seminar, kunjungan, dan lain-lain.
4)
Membuat
Weekly PR Highlights yang berupa rekapan artikel maupun kegiatan OVO,
kompetitor, dan industri.
5)
Menulis
siaran pers dan mengirimkannya ke media.
6)
Menerima
saran/kritik konsumen dan memberikan tanggapannya.
7)
Membantu
mengurus beragam vendor yang sedang bekerja sama dengan OVO.
8)
Membantu
mengurus perjanjian yang dilakukan antar OVO dengan pihak lain.
9)
Menjawab
pertanyaan dari media yang dikirimkan langsung ke PR OVO lalu mengirimkan
kembali jawabannya.
10) Menulis
caption untuk Linkedin CEO dan perusahaan.
11) Membantu kesuksesan berjalannya setiap acara
yang dilakukan/dihadiri OVO.
12) Menulis profil karyawan OVO maupun pihak
eksternal untuk berbagai keperluan.
13) Melakukan
meeting dengan pihak eksternal seperti media, stakeholder, vendor, penyelenggara
event, dan lain-lain untuk menjalin relasi yang baik dan membantu persiapan.
14) Melakukan
research terkait informasi seputar PR, kompetitor, industri, financial
technology,dan lain-lain.
15) Berkoordinasi
dengan sesama karyawan di perusahaan.
Cara Menggunakan
1. Unduh aplikasi OVO melalui App Store atau
Google Play Store. Kemudian, pilih ‘Daftar’ untuk membuat akun baru atau
‘Masuk’ bagi yang telah memiliki akun OVO. Pengguna dapat mendaftar dengan
mengikuti langkah-langkah di aplikasi atau kunjungi booth OVO terdekat untuk
mendapatkan bantuan lebih lanjut.
2. Setelah melakukan pendaftaran, pengguna dapat
mengisi saldo OVO melalui booth OVO, mitra pengemudi Grab, serta ATM/internet
banking/mobile banking yang bekerja sama.
3. Pengguna dapat menggunakan berbagai macam fitur
yang ada di dalam aplikasi OVO seperti melakukan pembayaran di merchant yang
telah bekerja sama, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, transfer dana, dan
lain-lain. Selain langsung dari aplikasi, OVO juga bisa digunakan di berbagai
platform lainnya seperti Grab, Tokopedia, dan Bareksa.
Alamat Kantor: Millenium Centenial Tower lantai 29, Jl. Jend. Sudirman Kav. 25,
RT.10/RW.1, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah
Khusus Ibukota Jakarta 12920
Telepon: 1 500 696
Email: cs@ovo.id
Website:
www.ovo.id
Referensi:
https://fintech.id/id/member/detail/109
Comments
Post a Comment