OVO

PT VISIONET INTERNASIONAL


 

Disusun guna melengkapi tugas Mata Kuliah : Fintech dan Digital Banking

Disusun oleh : Vita Nurmalasari (2205036144)

 

PROFILE PERUSAHAAN

OVO sebagai platform digital pembayaran dan layanan keuangan terdepan di Indonesia berupaya meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan melalui produk dan layanan yang nyaman, aman dan terjangkau.

Nomor dan tanggal Surat Penetapan Izin:

1 Juli 2021 nomor surat: No.23 / 593 / DKSP/Srt/B

Sejarah Perusahaan

OVO merupakan perusahaan digital payment milik grup perusahaan Lippo yang didirikan pada September 2017. Namun, setelah itu OVO mampu berdiri secara mandiri dibawah naungan PT Visionet Internasional. Aplikasi ini mencoba mendukung berbagai kebutuhan terkait dengan cashless dan mobile payment. Aplikasi OVO saat ini tersedia untuk platform Android dan iOS. OVO  merupakan platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka di Indonesia. Kini, OVO telah hadir di 115 juta perangkat dan bisa digunakan untuk mengakses pembayaran, transfer, top up dan tarik dana, serta manajemen aset dan investasi. OVO diterima di lebih dari 354 kota di Indonesia dan berkomitmen untuk membangun perusahaan pembayaran dan teknologi finansial terbesar di Indonesia. Perusahaan ini sendiri telah bekerja sama dengan banyak perusahaan lainnya seperti Tokopedia, Grab, Taralite, Prudential, dan lain-lain. Pembayaran melalui OVO juga telah diterima di lebih dari 500,000 merchant yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada bulan Oktober 2019, OVO berhasil memperoleh gelar sebagai Unicorn ke-5 Indonesia.

Platform ini memiliki beragam fitur atau keunggulan, yaitu:

a.       Poin: Salah satu fitur utama dari OVO adalah pengguna dapat mengumpulkan poin dari setiap belanja yang dilakukan di merchant rekanan OVO. Poin ini merupakan bentuk loyalty rewards.

b.      Fitur promo: OVO memberikan berbagai penawaran menarik bagi penggunanya seperti diskon dan cashback. Promo ini dapat langsung dilihat di fitur promo yang ada pada aplikasi.

c.        Merchant: OVO memberikan kemudahan dalam bertransaksi serta pembayaran untuk segala kebutuhan di merchant-merchant yang telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

d.       Pembayaran lebih cepat: Sama seperti media pembayaran cashless lainnya, OVO juga menawarkan pembayaran yang lebih cepat dan aman dibanding menggunakan uang tunai.

e.       Fitur untuk mengatur keuangan: pengguna dapat mengelola dan mengontrol pengeluaran mereka menggunakan aplikasi OVO.

f.        Transaksi untuk beragam kebutuhan: Tidak hanya pembayaran di merchant OVO saja, namun pengguna juga bisa melakukan transaksi untuk BPJS, PLN, pulsa, paket data, TV kabel, asuransi, dan iuran lingkungan.

Visi dan Misi Perusahaan

 Sebagai perusahaan penyedia layanan keuangan di Indonesia, OVO atau PT Visionet Internasional memiliki visi untuk “Mendorong percepatan akses dan inklusi keuangan yang merata, dengan menghadirkan layanan yang bermanfaat bagi pengguna serta pemilik usaha. Serta menjadi platform pembayaran digital yang menjawab kebutuhan pengguna di mana saja dan kapan saja. Misi yang dicoba untuk diwujudkan adalah:

1)      Memberikan layanan finansial yang berkualitas dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

2)       Mendukung pemerataan ekonomi secara digital dan meningkatkan inklusi keuangan.

3)      Mendukung pemerintah dalam Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) agar lebih cepat terwujud.

Struktur Organisasi

 OVO memiliki beberapa department besar yang dibawahi oleh CEO dan jajaran Direktur. Adapun department tersebut beserta tanggung jawabnya dapat dirincikan sebagai berikut:

1)      Marketing: Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pemasaran, kampanye, dan citra perusahaan.

2)       Data Engineer: Manajemen data, serta memelihara/memonitor infrastruktur data di perusahaan.

3)      Finance: Mengurus seluruh keuangan perusahaan, pembayaran, dan finansial pengguna aplikasi.

4)      Services: Mengurus layanan aplikasi, termasuk kebijakan dan sistemnya.

5)      Legal: Berhubungan dengan regulator atau pihak ketiga dan menangani seluruh perjanjian yang ada.

6)      Operations: Bertanggung jawab atas seluruh operasional perusahaan, baik untuk pengguna maupun rekan OVO.

7)      People Experience: Merekrut karyawan dan bertanggung jawab atas relasi antar karyawan.

8)      Sales: Bertanggung jawab untuk meningkatkan transaksi di aplikasi dan memperluas rekan yang menggunakan OVO.

9)      Technology: Mengembangkan dan memelihara kualitas aplikasi.

10)   Public Affair: Bertanggung jawab untuk hal-hal seperti Undang-Undang, kebijakan, administrasi publik, dan kebutuhan perusahaan.

Adapun peran-peran Public Relations OVO sendiri ialah pada umumnya menjalin relasi yang baik dengan media dan stakeholders, membantu setiap event yang dilakukan/dihadiri oleh OVO, dan menyusun strategi untuk menjaga citra perusahaan.

 Peran-peran tersebut dapat dijabarkan secara rinci dalam jobdesk PR OVO sendiri yang juga dilakukan selama kerja magang yaitu sebagai berikut:

1)      Melakukan media monitoring dan merekap seluruh artikel terkait.

2)      Menjalin relasi dengan media-media melalui media visit atau mengirimkan hadiah.

3)      Membuat briefing doc untuk setiap pembicara yang mewakili OVO untuk memberikan speech di berbagai kegiatan seperti event, seminar, kunjungan, dan lain-lain.

4)      Membuat Weekly PR Highlights yang berupa rekapan artikel maupun kegiatan OVO, kompetitor, dan industri.

5)      Menulis siaran pers dan mengirimkannya ke media.

6)      Menerima saran/kritik konsumen dan memberikan tanggapannya.

7)      Membantu mengurus beragam vendor yang sedang bekerja sama dengan OVO.

8)      Membantu mengurus perjanjian yang dilakukan antar OVO dengan pihak lain.

9)      Menjawab pertanyaan dari media yang dikirimkan langsung ke PR OVO lalu mengirimkan kembali jawabannya.

10)   Menulis caption untuk Linkedin CEO dan perusahaan.

11)   Membantu kesuksesan berjalannya setiap acara yang dilakukan/dihadiri OVO.

12)   Menulis profil karyawan OVO maupun pihak eksternal untuk berbagai keperluan.

13)   Melakukan meeting dengan pihak eksternal seperti media, stakeholder, vendor,  penyelenggara event, dan lain-lain untuk menjalin relasi yang baik dan membantu persiapan.

14)   Melakukan research terkait informasi seputar PR, kompetitor, industri, financial technology,dan lain-lain.

15)   Berkoordinasi dengan sesama karyawan di perusahaan.

Cara Menggunakan
1. Unduh aplikasi OVO melalui App Store atau Google Play Store. Kemudian, pilih ‘Daftar’ untuk membuat akun baru atau ‘Masuk’ bagi yang telah memiliki akun OVO. Pengguna dapat mendaftar dengan mengikuti langkah-langkah di aplikasi atau kunjungi booth OVO terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
2. Setelah melakukan pendaftaran, pengguna dapat mengisi saldo OVO melalui booth OVO, mitra pengemudi Grab, serta ATM/internet banking/mobile banking yang bekerja sama.
3. Pengguna dapat menggunakan berbagai macam fitur yang ada di dalam aplikasi OVO seperti melakukan pembayaran di merchant yang telah bekerja sama, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, transfer dana, dan lain-lain. Selain langsung dari aplikasi, OVO juga bisa digunakan di berbagai platform lainnya seperti Grab, Tokopedia, dan Bareksa.

Alamat Kantor: Millenium Centenial Tower lantai 29, Jl. Jend. Sudirman Kav. 25, RT.10/RW.1, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

Telepon: 1 500 696

Email: cs@ovo.id

Website: www.ovo.id

Referensi: Hak cipta dan penggunaan kembali: Lisensi ini mengizinkan setiap ...   https://kc.umn.ac.id/14340/4/BAB_II.pdf

https://fintech.id/id/member/detail/109








Comments